Software Program Akuntansi Berbasis Web

Dalam perioda ini sudah ada pengimbangan teori yang penekanannya baru berupa penjelasan terhadap praktik akuntansi. Paton & Littleton (1940: ix) mendefinisikan teori akuntansi sebagai “… Laporan American Accounting Association (AAA) ”A Tentative Statement of Accounting Principles Affecting Corporate Reports pada tahun 1938 serta laporan American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) tentang “A Statement of Accounting Principle” (Sanders, Hatfield, dan Moore, ….) merupakan dua contoh perumusan teori akuntansi berdasarkan metoda empiris atau disebut era general scientific ini. Beberapa terbitan laporan pada era ini adalah buku yang berjudul“An Inquiry into the Nature of Accounting” oleh Goldberg yang diterbitkan pada tahun 1965, AAA menerbitkan “A Statement of Basic Accounting Theory”. Jadi, teori akuntansi semantik berkepentingan dengan pelambangan dan penafsiran obyek akuntansi untuk menghasilkan informasi semantik yang bermakna bagi pemakai laporan. Elemen laporan keuangan dan pengukurnya dianalogi dengan tanda bahasa sedangkan struktur pelaporan keuangan dianalogi dengan tata bahasa. Beban diakui ketika produk atau jasa dikonsumsi atau digunakan dalam proses perolehan pendapatan, dan dilaporkan bersama, mengikuti atau mendahului penggunaan barang atau jasa tersebut. Bagaimanapun, penggunaan prinsip biaya historis untuk mencatat perolehan aset telah mengabaikan dampak dari perubahan nilai. 4.Atas Dasar Tingkah Lakunya terhadap Perubahan Volume Kegiatan. Hal ini bukan merupakan justifikasi para praktisi (profesi) untuk selalu bersikap pragmatis. Teori ini berkonsentrasi pada penciptaan pengukur tunggal yang unik dan benar untuk aktiva dan laba. Teori menurut Tuanakotta (1984:1) adalah seperangkat azas hipotesis, konseptual dan pragmatis yang terjalin satu sama lain, yang membentuk suatu kerangka acuan untuk suatu bidang pengetahuan.

 

 

Software Toko Bangunan

 

software jasa Kerangka kerja konseptual FASB mengidentifikasi dua kriteria yang seharusnya dipertimbangkan dalam menentukan kapan pendapatan seharusnya diakui, yaitu: (1) telah direalisasi atau dapat direalisasi, dan (2) telah dihasilkan atau telah terjadi. 2. Memberikan kerangka rujukan untuk menyelesaikan masalah akuntansi dalam hal tidak adanya standar resmi. Pengguna laporan keuangan lebih memilih biaya historis karena memberikan tolak ukur yang lebih dapat dipercaya (lebih obyektif). Oleh karena itu, teori ini banyak membahas pendefinisian makna elemen (obyek), pengidentifikasian atribut atau karakteristik elemen sebagai bahan pendefinisian, dan penentuan jumlah rupiah (pengukuran) elemen sebagai salah satu atribut. Realism yang berarti bahwa teori adalah sekumpulan proposisi atau dalil yang merupakan pernyataan atau kebenaran atau ketidakbenaran tentang dunia nyata, fenomena, atau obyek. Peneliti harus dapat meyakinkan dirinya tentang keberadaan sesuatu yang sedang dipelajari atau diteliti, apakah realita sosial yang akan diteliti merupakan suatu obyek yang konkrit atau merupakan suatu konsep (Gaffikin, 1989,1998). Implikasinya dalam dunia akuntansi adalah bahwa akuntansi dan akuntan menyediakan informasi seefisien dan seefektif mungkin, sementara bagaimana manajer menggunakannya tidaklah menjadi perhatian akuntan dan akuntansi. Menurut Belkaoui (2000), pendekatan ini menekankan pada sosio economic accounting yang bertujuan agar perusahaan mempertanggungjawabkan kegiatan usahanya pada lingkungan sosial melalui pengukuran, internalisasi dan pengungkapan dampak sosial kegiatan perusahaan dalam laporan keuangan. Perekayasaan akuntansi berkepentingan dengan pertimbangan untuk memilih dan mengaplikasikan ideologi, teori, konsep dasar, dan teknologi yang tersedia secara teoritis dan praktis untuk mencapai tujuan ekonomik dan sosial negara dengan mempertimbangkan faktor sosial, ekonomik, politik, dan budaya negara. 1. Apakah biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang diperoleh dalam pemilihan metoda akuntansi alternatif? Teori harus mampu merumuskan kebenaran, sehingga teori ini secara terus menerus harus dapat diuji dan diverifikasi. Salah satu wujud nyata dari awal perkembangan praktik akuntansi terjadi pada abad ke-15 yang ditunjukkan dengan munculnya pemikiran baru mengenai sistem pencatatan akuntansi yang berorientasi pada sistem pembukuan berganda (double entry system) yang dipopulerkan oleh seorang pemuka agama dan ahli matematika berkebangsaan Italia Luca Pacioli dalam bukunya yang berjudul Summa de Arithmatica, Geometrica, Proportioni et Proportionalita yang berisi mengenai pelajaran pembukuan berganda (debit-kredit) terutama pada salah satu bab yang berjudul “Tractatus de Cumputis at Scritorio”. Masalah praktis memang dapat diatasi atau dipecahkan dengan berdasarkan pengalaman praktis, tetapi pengalaman praktis saja tidaklah cukup, melainkan harus dilandasi oleh pemahaman yang kuat terhadap teori akuntansi.

Pengembangan sistem dan kebijakan akuntansipun tidak luput dari perhatian para ahli untuk menciptakan sebuah tatanan praktik akuntansi yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan para pemakai (relevan). Dengan kata lain, Positive Accounting Theory (PAT) dimaksudkan untuk menjelaskan dan memprediksi konsekuensi yang terjadi jika manajer menentukan pilihan tertentu. Teori akuntansi positif (positve accounting theory) berusaha untuk menjelaskan fenomena akuntansi yang diamati didalam masyarakat dengan kata lain positive accounting theory (PAT) dimaksudkan memrediksi konsekuensi yang terjadi jika manajer menentukan pilihan tertentu. Teori biasanya diambil dari berbagai riset demi riset sehingga sampai pada suatu kesimpulan yang dapat berlaku untuk semua, universal, logis, konsisten, dapat diramalkan, dan obyektif. Laporan sumber dan penggunaan dana, bukan neraca atau laporan keuangan, merupakan tujuan utama pelaporan keuangan. Dasar akrual adalah pencatatan transaksi pada saat terjadinya dan dilaporkan dalam laporan keuangan pada perioda yang bersangkutan, bukan pada saat kas diterima atau dikeluarkan. 1. Ketidakmampuan pendekatan normatif dalam menguji teori secara empiris, karena didasarkan ‘pada premis atau asumsi yang salah sehingga tidak dapat diuji keabsahannya secara empiris. Teori akuntansi positif pada prinsipnya beranggapan bahwa tujuan dari teori akuntansi adalah untuk menjelasakan dan memprediksi praktik-praktik akuntansi. Teori akuntansi positif pada prinsipnya beranggapan bahwa tujuan dari teori akuntansi adalah untuk menjelaskan dan memprediksi praktik-praktik akuntansi. Teori akuntansi positif merupakan studi lanjut dari teori akuntansi normatif karena kegagalan normatif dalam menjelaskan fenomena praktik yang terjadi secara nyata. Dengan catatan transaksi yang rapi dan kronologis, tentu menyusun laporan keuangan akan menjadi pekerjaan yang lebih mudah untuk diselesaikan, keputusan bisnis terbaik pun dapat segera diambil, kan? Laporan keuangan sering berisi estimasi, dimana didasarkan pada pertimbangan profesional terbaik dan didukung oleh informasi yang tersedia pada saat itu. Perusahaan itu ada karena kurangnya biaya individu untuk bertransaksi (atau kontrak) melalui organisasi pusat daripada melakukannya secara individual (godfrey:2010,hal 361). Dengan adanya perspektif penghubung kontrak terhadap perusahaan teori biaya kontrak melihat peran informasi akuntansi sebagai pengamat dan penegak atas kontrak – kontrak ini untuk menurunkan biaya agensi dari konflik kepentingan tertentu.

 

 

4. Prinsip dasar akuntansi, yang dijabarkan dari postulat dan konsep teoretis akuntansi.

 

Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas untuk memperoleh keuntungan atau laba tidak bisa terlepas dari biaya. Teori normatif pada awalnya belum menggunakan pendekatan investigasi formal, sedangkan pada perkembangannya mulai digunakan pendekatan investigasi terstruktur formal, yaitu pendekatan deduktif (dimulai dari proposisi akuntansi dasar sampai dengan dihasilkan prinsip akuntansi yang rasional sebagai dasar untuk mengembangkan teknik-teknik akuntansi (Chariri dan Gozhali, 2003)). Di samping perkembangan perubahan pendekatan penalaran, perkembangan akuntansi juga mengarah pada teori akuntansi positif atau deskriptif yang investigasinya sudah lebih terstruktur dengan menggunakan pendekatan induktif (didasarkan pada konklusi yang digeneralisasikan berdasarkan hasil observasi dan pengukuran yang terinci (Chariri dan Gozhali, 2003). Norma dinilai subyektif, jadi harus diuji secara positif untuk menghasilkan teori akuntansi yang lebih aplikatif untuk menjawab kebutuhan para pelaku ekonomi mengenai informasi akuntansi. Menurut konsep ini, prinsip akuntansi dinilai dari penerimaan seluruh pihak terhadap laporan keuangan, khusunya yang melaporkan tentang dampak kegiatan perusahaan terhadap masyarakat sekitar. 4. Prinsip dasar akuntansi, yang dijabarkan dari postulat dan konsep teoretis akuntansi. Orang lain di sini antara lain adalah akademisi akuntansi dan pemikir yang memunyai kemewahan waktu untuk memikirkan hal-hal yang bersifat fundamental dan teoretis. Di sini, yang menjadi pertimbangan adalah hal-hal yang berguna untuk menyelesaikan persoalan secara praktis. Cari tahu apa yang sebenarnya mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Baik principal maupun agen diasumsikan untuk termotivasi hanya oleh kepentingan dirinya sendiri yaitu, untuk memaksimalkan kegunaan subjek mereka dan juga untuk menyadari kepentingan bersama mereka. Di samping itu, sangatlah mahal bagi individu untuk melaksanakan kontrak dengan pihak lain dalam proses politik dalam rangka menegakkan aturan hokum dan regulasi, yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Pendekatan ini menganggap bahwa tujuan dasar dari akuntansi adalah untuk membantu proses pengambilan keputusan dengan cara menyediakan data akuntansi yang relevan atau bermanfaat. Diantaranya ada pendapatan, harga pokok penjualan untuk perusahan dagang, laba rugi usaha, beban pinjaman, beban pajak, laba atau rugi perusahaan dari aktivitas normal, pos luar biasa, dan hak minoritas. Pengakuan pendapatan pada umumnya dilakukan pada saat titik penjualan. Jadi, beban operasional yang dikeluarkan pada tahun 2015, harus dibandingkan dan disesuaikan dengan pendapatan pada tahun 2015, bukan tahun yang lain. Besarnya jumlah pendapatan dan beban secara tepat dalam perioda yang tepat dapat dicatat dalam pilihan cash basis dan accrual basis. Ada banyak fitur yang bisa dipakai oleh user dari software akuntansi online Turbo Cash. Di sini sudah ada kerangka kerja untuk menjelaskan dan mengembangkan praktik akuntansi. Referensi pertama aplikasi catatan pemasaran usaha kecil ialah Akuntansi UKM – Money Manajer. Aplikasi ini berbayar tapi menyediakan kesempatan untuk mencoba Mvelopes gratis selama 30 hari.

Tinggalkan komentar